Tuesday, May 26, 2015

Tips Belanja Online yang Aman dari Situs Belanja Online Luar Negeri

Selamat pagi ladies, hari ini Intan akan memberikan tips untuk belanja online dari Situs Online Shop yang berada di luar negeri. Di dunia yang modern ini kita sebagai wanita pastilah tidak sebatas berbelanja di mall-mall terdekat saja tapi kita sudah bisa belanja dari negara di belahan dunia manapun dengan adanya sistem online shopping atau jual beli online. Caranya juga mudah, kita hanya tinggal bayar dan barang akan segera dikirim ke rumah kita.

Tips Belanja Online yang Aman dari Situs Belanja Online Luar Negeri
Bentuk Paketnya sebelum dibuka

Pernah atau tidak belanja internasional seperti itu ladies? Misalnya saja di website terkenal seperti Amazon, Ebay, Alibaba, Aliexpress dan berbagai website online shop terkenal lainnya. Yang pasti impor barang dengan adanya international shipping di website terkemuka memudahkan kita untuk berbelanja. Tentu saja bukan maksud untuk berfoya-foya atau kebanyakan gaya karena pakai produk negara lain. Impor barang bisa jadi karena barang di negara sendiri tidak ada dan takut tertipu oleh pedagang nakal karena di Indonesia sendiri barang KW telah banyak dijual. Misalnya beli pakaian dingin karena kita akan ke luar negeri di saat musim salju pasti di luar negeri lebih banyak modelnya atau beli Cd Kpop, poster dan lainnya pasti yang asli ada di Korea Selatan.

Tips Belanja Online yang Aman dari Situs Belanja Online Luar Negeri
Ada tulisan Hangul dari Korea Postnya

Intan baru-baru ini lagi suka belanja dari situs online shop terpercaya di luar negeri (impor). Belanja di luar negeri ternyata menyenangkan dan Alhamdulillah semua barang sampai ke rumah dengan selamat. Barangnya juga berkualitas bagus+++, mirip sama foto dan belinya juga agak mahal sih. Aku sudah mencoba 2 website Online Shop dari Korea Selatan yang melayani Internasional Shipping termasuk ke Indonesia. Aku pernah beli baju seperti dress, kosmetik korea dan bulan lalu tertarik beli boneka kelinci babi yang bentuknya imut banget. Itu tuh boneka yang dibuat oleh Tae Kyung Sii (Jang Geun Suk), salah satu personel boyband A.N Jell dari drama korea You Are Beautifull. Keistimewaan boneka ini adalah ada rekamannya jadi kita bisa ngerekam suara kita atau suara siapa saja ke dalam boneka tersebut. Cocok banget buat kado ultah juga. 

Tips Belanja Online yang Aman dari Situs Belanja Online Luar Negeri
Tingginya 35cm bentuknya mungil, imut dan lucu ^^
Kalau didudukkan tingginya sama seperti handbody shinzui 210 ml

Pertama agak takut sih dan neting gitu (negative thinking). Barangnya bagus enggak sih? kira-kira gak kesasar ke tempat lain khan? Menunggu dengan harap-harap cemas. Hehe. Well setelah beberapa lama nunggu akhirnya pak pos tiba dengan membawa sebuah paket yang kubeli dari luar negeri. Setelah menerima paket kubuka kardus itu, paketnya dibungkus rapi dengan dibungkus bubble wrap dan gerigi putih-putih yang tebal. Ih lucu deh pokoknya. Di atas kardus ada segel bea cukainya. Ketika kita menerima paket luar negeri dari kantor pos, kita akan diminta uang 10.000 untuk pajak bea cukai. Seperi ini bentuk paketnya:

Tips Belanja Online yang Aman dari Situs Belanja Online Luar Negeri
Pengiriman memakan waktu 2 bulan pakai small packet
Tips Belanja Online yang Aman dari Situs Belanja Online Luar Negeri
Boneka dalam paket dijaga rapi agar terlindungi dan gak pesok
Berdasarkan pengalaman sendiri seperti di atas, Intan Beauty akan memberikan tips aman belanja dari Online Shop luar negeri dan cara menghindari biaya bea cukai yang harganya bisa lebih mahal dari harga barang impornya sendiri. Khan gak enak juga kalau gitu. Hehe. Beginilah tipsnya:

Cari website / situs belanja online yang terpercaya dengan cara melihat fanspage, jumlah follower atau likers, coment dan review mengenai layanan online shop tersebut. Kalau perlu cari di google dengan kata kunci “review x(nama online shop) atau cari kata kunci “open box x(nama online shop)” di youtube. Jika anda menemukan review jelek misalnya barang yang sampai cacat, bekas atau palsu dan comment negatif misalnya penipu, barang palsu, barang tidak sampai. Itu tandanya web tersebut beresiko. Tinggalkan segera dan cari web lain. 

Online shop terpercaya biasanya website berbentuk professional dan memudahkan pembelinya melihat semua produk, ada review perproduk yang bisa ditulis oleh pembeli, ada keterangan lengkap di setiap produk seperti ukuran, warna dan foto asli (bukan hanya gambar / modelnya saja). Fanspage terpelihara dengan baik dengan adanya interaksi yang bagus dan komunikatif antara penjual dan pembeli, update status rutin dan follower yang banyak / bejibun. Komentar dan review bagus dari pembeli seperti barang sampai dengan cepat, barang mulus dan tidak cacat, barang dibungkus dengan rapi, kualitas bagus. Pastinya review tersebut tertulis dalam bahasa Inggris ya ladies. Kalau gak ngerti coba copy paste ke Google Translete. Kalau sudah menemukan website dengan ciri-ciri seperti itu, jangan takut untuk mencoba. 

Metode pembayaran untuk online shop luar negeri bermacam-macam. Yang pernah aku temui pembayaran melalui Paypal (bank online), Payza (bank online), Credit Card, Western Onion, dan banyak lagi lainnya. Kalau Intan belanja pakai paypal karena aku juga bisnis online dengan menggunakan Adf.ly. Hasilnya lumayan tiap bulan bisa menghasil 25 dollar. Ya daripada menunggu lama untuk mencairkan uang karena harus menunggu mencapai 100 dollar dulu (menunggu kira-kira 5 bulan lamanya agar uang dari paypal cair). Daripada menunggu seperti itu akhirnya aku punya ide untuk membelanjakan hasil uangku agar hasilnya bisa terlihat. Kapan-kapan Intan ajarin yah cara mendapatkan dan daftar paypal. Paling mudah sih menurutku bayar pakai paypal karena ada system check out langsung, gak perlu nomor rekening kayak transfer bank, gak perlu susah prosesnya, dan langsung jadi sehingga barang langsung dikirim saat itu juga.

Proses pengiriman biasanya pakai internasional shipping. Perlu kita check juga, apa situs online shop tersebut menyediakan pengiriman ke negara kita Indonesia. Kalau belanja di Amazon sepertinya tidak semua barang bisa dikirim ke Indonesia. Jika memang ada rute internasional shipping ke Indonesia, pilihlah EMS (karena dengan memakai ini barang kita bisa dilacak karena ada no.resinya dan pengiriman cepat sekitar 1-2 minggu sehingga kita juga gak menunggu dengan was-was walaupun agak mahal sih biayanya. hehe), selain EMS ada juga system Small Packet dan Standart Shipping untuk biaya lebih murah bahkan gratis dengan minimal pembelian tertentu (Tidak ada nomor resi dan resikonya bisa hilang di tengah jalan kalau alamat tidak lengkap) cara ini hanya untuk kalian yang bisa bersabar karena waktu pengiriman bisa mencapai berbulan-bulan, paling cepat 2 minggu dan paling lama berbulan-bulan.

Yang terakhir adalah cara menghindari pembayaran bea cukai yang harganya bisa selangit. Paling gak enak kalau ada tambahan pajak biaya bea cukai, sudah bayar produk yang dibeli, sudah bayar biaya pengiriman masih nambah lagi biaya pajak bea cukai. Ruginya banyak, belum lagi barang kita bisa ditahan kalau gak bayar pajaknya. Tenang teman-teman intinya Cuma 1 untuk lulus bea cukai yaitu belilah barang dengan berat maksimal 3kg, selebihnya dari itu akan berlaku perhitungan pajak bea cukai. Apalagi kalau kalian beli barang mewah seperti elektronik, kendaraan bermotor, perhiasan emas, intan, berlian dan lain-lainnya pasti pajaknya semakin mahal.

Seandainya ingin beli bermacam-macam misalnya beli tas 12 tas yang beratnya 6 kilogram, kita bisa mengakali dengan beli dengan tenggang waktu misalnya 6 tas dengan berat 3 kilo di hari selasa dan 6 tas lainnya di hari rabu. Dengan begitu pengiriman berjalan lancar tanpa pajak bea cukai. Untuk sebuah benda dengan berat 3 kg atau kurang, kita hanya perlu membayar biaya pajak bea cukai sebesar 10.000 rupiah. Itu pun gak perlu repot-repot ke petugas bea cukainya karena uang segitu pasti sudah dibayar oleh kantor pos jadi kita hanya menggantinya saja. Ada juga katanya yang kena pajak bea cukai itu apabila harga barang lebih dari 20 dollar tapi yang Intan beli itu harganya sudah lebih dari 20 dollar namun hanya dikenakan 10.000 itu saja. Silahkan dicoba saja cara salah satu. 

Setelah produk impor kita sampai, jangan lupa di chek apakah benar barangnya sampai dengan selamat tanpa cacat, kualitasnya baik atau buruk. Jika anda puas dengan barang yang anda beli. Bolehlah untuk langganan belanja disana. Sekarang sudah mengerti khan cara belanja impor dan memilih website online shop terpercaya di luar negeri?? Selamat mencoba dan semoga postingan ini bermanfaat. Jangan lupa menyebarkan info ini jika berguna kepada orang lain dengan menekan tombol share. Like juga agar kami lebih termotivasi menulis hal-hal yang bermanfaat lainnya bagi anda. Terima Kasih. ^^

No comments:

Post a Comment