Wednesday, June 10, 2015

Tips Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Mengetahui jenis kulit wajah bagi seorang wanita sangatlah penting terutama untuk menentukan produk kosmetik yang kita pakai. Sebenarnya Intan juga baru tahu kalau cara untuk mengetahui jenis wajah kita sangat simple yaitu dengan cara melakukan pengetesan wajah. Kalau mau akurat sih langsung saja ke dokter kecantikan, tapi kalau mau cepat bisa pakai cara ini:

Tips Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Sebelum melakukan pengetesan ada baiknya untuk berada dalam ruangan tanpa ac, tanpa make-up, tanpa cuci muka, dan tidak melakukan kegiatan di bawah sinar matahari selama 2 jam. Sambil menunggu anda bisa membaca buku, melihat televisi atau chatting dengan teman. Kalau tidak mau repot-repot menunggu sebaiknya tes dilakukan setelah bangun tidur di pagi hari sebelum mandi. 

Cara 1:
Bahan yang diperlukan hanya sebuah cermin bersih yang bentuknya pas dengan wajah anda. Pengetesan dilakukan dengan menghadapkan cermin di depan wajah anda, lalu tempelkan cermin tersebut beberapa detik ke wajah anda tanpa mengubah posisi. Jadi arahnya tegak lurus, untuk daerah pipi anda bisa menempelkannya dengan memiringkan wajah ke kanan atau ke kiri. 

Cara 2:
Pengetesan dilakukan dengan cara mengusapkan tisu / kertas minyak ke wajah. Ambil 5 tisu berbeda untuk mengetes daerah yang berbeda. Daerah zona 1 dahi, zona 2 hidung, zona 3 dagu, zona 4 pipi kanan, dan zona 5 pipi kiri. 

Lihat hasilnya di bawah ini:

1. Kulit berminyak
Cara 1: Jika pada cermin daerah dahi, hidung, dan pipi kanan kiri terdapat bekas minyak itu artinya jenis kulit anda berminyak. Cara 2: Jika tisu atau kertas minyak yang anda usapkan pada zona 1 , 2, 4 dan 5 berminyak maka jenis kulit anda berminyak. 

Kulit berminyak rentan terhadap masalah kulit seperti jerawat dan noda hitam. Untuk itu bagi seseorang yang memiliki jenis kulit ini hendaknya rajin-rajin mencuci muka dan menghindari makanan berminyak atau goreng-gorengan, hindari juga produk kosmetik yang berbentuk cream. 

2. Kulit normal 
Cara 1: Jika pada cermin, tidak terlihat bekas minyak sama sekali berarti kulit anda termasuk kulit normal. Cara 2: Jika pada zona 1, 2, 3, 4, 5 tidak terlihat minyak dari wajah maka kulitmu termasuk normal. 

Seseorang yang memiliki kulit normal sangatlah beruntung karena kulit mereka tidak mempunyai minyak berlebih ataupun kering sehingga masalah kulitpun jarang mereka alami. Perawatan ringan cocok diterapkan pada kulit seperti ini. Dengan perawatan minim saja kulit normal masih terlihat cantik di umur 30 tahun ke atas. Kulit normal bentuknya lentur, kenyal, bersih dan halus.

3. Kulit kering
Cara 1: Jika pada cermin, tidak terlihat bekas minyak sama sekali berarti kulit anda termasuk kulit kering. Cara 2: Jika pada zona 1, 2, 3, 4, 5 tidak terlihat minyak dari wajah maka kulitmu termasuk kering. Hasilnya mungkin sama seperti kulit normal tapi kedua kulit ini sebenarnya berbeda. 

Jika kulit anda termasuk kering, maka bentuk kulit yang dirasakan adalah keras, kering dan terlihat pecah-pecah. Hal ini dikarenakan kulit anda tidak memproduksi cukup minyak yang dibutuhkan oleh wajah sehingga kulit wajahpun rentan terkena jerawat dan pori-pori besarnya membuat kulit mudah teriritasi maupun penuaan dini. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan pelembab dan perbanyak minum air putih agar wajah anda terjaga kelembapannya.

4. kulit kombinasi
Cara 1: Jika pada cermin, daerah dahi, hidung dagu (daerah T) terdapat bekas minyak berarti kulit anda termasuk kulit kombinasi. Cara 2: Jika pada zona 1, 2, 3, terlihat minyak dari wajah maka kulitmu termasuk kombinasi. 

Kombinasi adalah kulit gabungan antara kulit berminyak dan kulit kering. Berminyak pada daerah T di wajah dan kering pada bagian pipi kanan dan pipi kiri. Kulit seperti ini banyak dimiliki oleh wanita. Cara mengatasinya juga berbeda sesuai daerah masing-masing. Pada daerah pipi yang cenderung kering pakaikan pelembab berupa cream, sedangkan untuk daerah T yang berminyak bersihkan secara teratur dengan rajin mencuci muka atau membersihkannya dengan kertas minyak wajah. 

5. kulit sensitive
Kulit sensitive tidak perlu di tes pasti anda juga tahu ketika melihat ciri-cirinya. Kulit sensitive cenderung kering mudah pecah karena pengaruh lingkungan yang kotor, polusi, sinar matahari dan mudah teriritasi. Ketika teriritasi kulit wajah berubah menjadi merah, terasa tipis dan gatal. Untuk kulit jenis ini anda bisa mendapatkan perawatan optimal di klinik kecantikan.

No comments:

Post a Comment